Kamis, 13 Desember 2012

sifa kamila cahya|91


Jenis Jenis Kapasitor



Jenis jenis kapasitor, setelah sebelumnya saya update materi tentang pengertian kapasitor , kali ini kita akan mencoba belajar bersama tentang macam macam  kapasitor.
Di dunia rangkaian elektronika ada terdapat banyak macam jenis kapasitor yang ada  baik dipasaran ataupun di toko elektronika.
Nah kali ini kita akan bahas satu persatu..setuju?
Kapasitor terdiri dari beberapa tipe, tergantung dari bahan dielektriknya. Untuk lebih sederhananya mari kita bagi menjadi 3 bagian terlebih dahulu, yaitu kapasitor electrostatic, electrolytic dan electrochemical.
berikut ini saya kasih ilustrasinya dahulu ya..
jenis jenis kapasitor
Jenis jenis kapasitor yang akan dibahas pertama adalah “Kapasitor Electrostatic”.
Kapasitor electrostatic adalah kelompok kapasitor yang pembuatannya menggunakan bahan bahan dielektrik dari keramik, mika dan film. Keramik dan mika adalah bahan yang saya kira cukup popular ya, serta murah lagi untuk membuat kapasitor yang kapasitansinya kecil. Tersedia dari besaran pF sampai beberapa µF, yang biasanya bahan ini digunakan untuk aplikasi rangkaian yang berkenaan dengan frekuensi tinggi. Nah bahan dielektrik film adalah bahan-bahan material seperti polyester (polyethylene terephthalate atau dikenal dengan sebutan mylar), polystyrene, polyprophylene, polycarbonate, metalized paper dan lainnya.contoh gampangnya yang udah ada dipasaran untuk jenis kapasitor dengan bahan deilektrik film adalah seperti  : Mylar, MKM, MKT. Pada umumnya kapasitor kelompok ini adalah jenis yang non-polar.
Nah jenis jenis kapasitor yang kedua adalah “Kapasitor Electrolytic”.
Beberapa kelompok kapasitor electrolytic biasanya terdiri dari kapasitor-kapasitor yang bahan dielektriknya adalah lapisan metal-oksida. Nah pada umumnya pula kapasitor yang termasuk kelompok ini adalah kapasitor polar dengan tanda + dan – yang biasanya ada di badannya.
BTW BTW, kapasitor ini adalah jenis kapasitor yang memiliki polaritas lho..nah kenapa sih disebut memiliki polaritas karena proses pembuatannya menggunakan elektrolisasi sehingga terbentuk kutup positif anoda dan kutup negatif katoda.
Nah jenis jenis kapasitor yang terakhir adalah “Kapasitor Electrochemical”.
Apa sih maksudnya? Kapasitor terakhir adalah kapasitor electrochemical.  Contoh simplenya benda benda nyata yang termasuk kapasitor jenis electrochemical adalah battere dan accu. Pasti semua udah pada tau lah ya..hehe
Pada kenyataanya batere dan accu adalah kapasitor yang sangat baik, karena memiliki kapasitansi yang besar dan arus bocor (leakage current) yang sangat kecil. Kalau tidak percaya, temen temen bisa buktikan sendiri ya..hehe
Tipe kapasitor jenis ini juga masih dalam pengembangan untuk mendapatkan kapasitansi yang besar namun kecil dan ringan, misalnya untuk applikasi mobil elektrik dan telepon selular. Atau mungkin kedepannya temen temen sendiri yang bakal menciptakan teknologi di bidang elektronika terutama yang berkaitan dengan kapasitor? Mudah mudahan yah…saya doakan..aminnn
Nah itulah tiga macam jenis jenis kapasitor pada bahasan kali ini, mudah mudahan bisa menginspirasi temen temen sekalian. Nah kalo pada bahasan kali ini masih bingung, coba pelan pelan pahami tentang kapasitor, mulai dengan artikel Pengertian Kapasitor.

sumber:http://rangkaian-elektronika.org/jenis-jenis-kapasitor.htm


Tidak ada komentar:

Posting Komentar